Friday, February 19, 2010

Senyum

Kalau berangkat agak siang ke kantor di Jakarta, saya lewat tol outer ring road dari pintu tol BSD atau Pondok Pinang. Perjalanan terasa cukup jauh dan lama. Mobil-mobil berlari kencang dan saling berkejaran. Jalan tol juga seringkali macet, karena banyaknya kendaraan yang lewat.
Setiap melewati pintu tol untuk membayar tiket, petugas tol hanya memberikan karcis atau kembalian uang tanpa ekspresi. Saya beberapa kali melewati pintu tol dekat Taman Mini Indonesia Indah, petugas tol menyapa atau mengucapkan terima kasih kepada saya. Saya membalasnya dengan menjawab terima kasih kembali atau tersenyum. Ketika melakukan itu rasanya wajah menjadi lebih segar. Ketegangan yang saya rasakan ketika mengemudi menjadi cair. Ternyata sapaan singkat atau ucapan terima kasih, atau bahkan hanya dengan memberikan senyuman, bisa merubah keadaan seseorang menjadi lebih baik seperti yang saya rasakan.
Terima kasih saya ucapkan kepada mereka. Meskipun tidak saling kenal, tetapi mau menyapa atau tersenyum.
Rasanya sudah sangat jarang saya melihat orang-orang tersenyum dengan ikhlas dalam pergaulan orang dewasa yang penuh dengan kepura-puraan.

No comments: