Friday, November 7, 2008

Kepingan ingatan masa kecil

Cerita misteri kadang kala menarik untuk didengar. Di desa Kramat, Bumiayu, dekat dengan tempat orang tua tinggal terdapat satu pohon besar. Orang-orang menyebutnya candi. "Yuh, bal-balan ning candi" (ayo main sepak bola di candi) , begitu anak-anak dulu bila mengajak main sepak bola, karena di sekitar pohon itu terdapat tanah lapang cukup luas. Di situ juga terdapat mata air yang digunakan untuk mandi dan mencuci pakaian. Menurut cerita orang-orang tua, pohon tersebut ada "penunggu" - nya, seorang wanita cantik berambut panjang melewati bahu bernama Nyai Rantansari. Suatu malam pernah ada yang melihat dia sedang bermain ayunan yang menggantung di salah satu cabang pohon besar itu.
Suatu hari saya melihat sekelompok orang turun dari mobil kemudian menuju candi, mereka meletakkan sesajen di bawah pohon besar itu.
Ada lagi cerita tentang adanya ular sebesar pohon kelapa dewasa dan harimau jadi-jadian di rumah tetangga yang memiliki kuda. Makhluk tersebut terlihat berada di sekitar kandang kuda. Kebetulan tetangga tersebut juga memelihara burung hantu yang pada malam hari mengeluarkan suara yang mendirikan bulu roma. Juga terdengar suara-suara yang ditimbulkan oleh tapak-tapak kuda yang menghentak-hentak papan di bawahnya. Di tambah lagi tempat tersebut gelap karena belum ada listrik.
Waktu masih kelas 4-5 sekolah dasar, apabila pulang malam hari sendirian sekitar jam 21.00, sepulang dari menonton film di Bioskop Sena Kalierang, ketika melewati kandang kuda tersebut saya berlari kencang, karena takut.
Sebenarnya saya belum pernah membuktikan secara langsung mengenai kebenaran cerita-cerita itu dan saya tidak mempercayai tentang adanya makhluk-makhluk yang diceritakan itu.
Yang saya lihat dan masih saya ingat, ada suatu prosesi upacara "sedekah bumi" yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Orang-orang duduk di sepanjang jalan dari sebelah Bank BRI, Bumiayu sampai ke Bandung Dage dengan berhadap-hadapan. Di depannya tersaji makanan yang siap untuk disantap. Seingat saya hanya sekali itu saja kegiatan tersebut dilakukan.

No comments: