Tuesday, September 2, 2008

Puasa

Ramadhan merupakan bulan kesembilan dari tahun Hijriyah, dari kata Ramdha', yang artinya sangat panas, bumi atau batu yang sangat panas karena sengatan matahari. Perintah untuk berpuasa Ramadhan turun pada bulan Sya'ban tahun kedua Hijriyah.
Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah semua kitab-kitab Allah diturunkan pada bulan Ramadhan, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Naskah-naskah Nabi Ibrahim as. diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, dan kitab Taurat diturunkan pada tanggal enam bulan Ramadhan, dan kitab Injil diturunkan pada tanggal tiga belas bulan Ramadhan, dan kitab Zabur diturunkan pada tanggal delapan belas bulan Ramadhan, dan Al Qur'an diturunkan pada tanggal dua puluh empat bulan Ramadhan." (Hadits riwayat Imam Ahmad bin Hanbal, Imam al-Thabrani, Imam al-Baihaqi).
Inilah salah satu keistimewaan bulan Ramadhan, disamping keistimewaan-keistimewaan lain. Ini mengandung pesan bahwa dengan datangnya bulan Ramadhan, umat Islam dituntut untuk kembali mengingat dan menjadikan kitab suci al-Qur'an sebagai pedoman hidup.
Puasa di bulan Ramadhan tidak hanya ditujukan agar orang yang berpuasa mendapatkan manfaat dari yang dikerjakannya (ibadah qashirah), tetapi juga pelaku dan orang lain merasakan manfaatnya (ibadah muta'ddiyah). Itulah yang dimaksud dengan orang yang bertakwa, yaitu orang yang ibadah individual dan ibadah sosialnya baik. Mudah-mudahan kita termasuk di dalam kategori tersebut.

No comments: