Thursday, September 25, 2008

Easy to say, hard to do, but we have to do it

Saya mengenal dengan baik beberapa orang yang terbiasa menjadi penterjemah, baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa asing lainnya. Ternyata, penguasaan Bahasa asing menjadi sangat penting dalam pergaulan dan pekerjaan sehari-hari. Seorang kawan mengatakan bahwa kita harus mampu menguasai paling tidak satu Bahasa asing selain Bahasa Inggris. Menguasai Bahasa Inggris dianggap sebagai hal yang sama dengan kemampuan menguasai Bahasa ibu.
Penguasaan Bahasa Asing menjadi sangat penting ketika kita melakukan negosiasi, membuat Memorandum of Understanding (MOU), atau sekedar berbicara ketika diundang pada acara cocktail party. Perjanjian para pihak, biasanya menggunakan Bahasa ibu masing-masing dan Bahasa Inggris. Misalnya, apabila pemerintah Indonesia melakukan perjanjian kerjasama dengan pemerintah Arab Saudi, maka akan dibuat naskah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab, serta naskah dalam Bahasa Inggris dengan isi yang sama. Apabila kita tidak memahami Bahasa Arab dan Inggris, bisa jadi akan dirugikan karena bisa saja isi naskah dalam kedua bahasa tersebut tidak sesuai dengan yang telah disepakati.
Selain itu, kita harus menyempatkan diri untuk membaca setiap harinya, karena apabila hal tersebut tidak kita lakukan, maka kita akan ketinggalan informasi terkini. Membaca tidak hanya pada yang tersurat, tetapi juga yang tersirat. Membaca kejadian alam pun merupakan bagian dari pembelajaran. Kebiasaan membaca secara otomatis akan menjadi bagian dari pengalaman hidup yang kadang kala tanpa kita sadari sudah meresap di benak kita dan akan keluar ketika kita butuhkan.

2 comments:

Unknown said...

Yes , you r absolutely right . I didnot take any formal english lesson and I dont care hows my grammatical should be , but I used to talk , to write almost in my daily activity. My objection is if they can understand easily what i talk and said , that's more than enaugh for me :-)) .
And I do agree with you , reading is very important . no matter what you read but if you can make as your daily activity it will help also. Maybe our problem is that we just realized lately .. anyhow , nothing too late to start a good thing .. well , then i do remember clearly last time we communicate we always write each other in english , right ?
Take care .. give me a call if you come to yogya sometimes .. but please , do inform me in advance as i always travel somewhere .

Tanti - Yogya

Kalisantri-Bumiayu said...

I have forgotten many words in English, thank you for reminding me to study it again.