Friday, July 4, 2008

Kutu Buku

Sepanjang perjalanan hidup, banyak hal yang terkait dengan pertemanan dengan berbagai watak yang mereka miliki. Ada yang pendiam, pemberani, pengecut, munafik, baik hati, dan sebagainya. Beberapa yang menarik perhatian saya salah satunya adalah salah satu kawan di SMA. Dia seorang pekerja keras, badung, pernah tidak naik kelas di SMA. Ketika semua anak-anak dalam satu kelompok lebih banyak bermain tanpa belajar, ada salah satu kawan yang tetap bisa berprestasi. Saya menjadi penasaran. Saya akui dia memang cerdas, tetapi yang lebih mengejutkan saya ketahui ketika kami menginap di rumahnya. Ketika semua kawan tertidur karena kelelahan setelah seharian bermain, dia masih menyempatkan waktu untuk membaca buku sebelum tidur, padahal pagi harinya harus sekolah. Ketika saya tanya ke dia, dia bilang itu sudah biasa. Hebat! Dia kemudian diterima di satu Perguruan Tinggi Negeri. Setelah itu tidak pernah dapat kabar lagi tentang dia.

No comments: