Wednesday, July 2, 2008

Emak

Sudah lebih dari seminggu Emak berada di Jakarta, namun baru dua hari berada di rumahku, setelah sebelumnya menginap di tempat adik. Selama ini beliau menetap di desa Kalisantri, Bumiayu. Pagi ini emak minta diantar ke Tanah Abang, tetapi saya bilang bahwa saya tidak bisa mengantar dengan alasan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dan saya minta istri untuk mengantar beliau dengan taksi.
Terbersit rasa bersalah mengatakan demikian. Hanya untuk meluangkan waktu sedikit saja untuk beliau tidak bisa saya lakukan. Beberapa hari di rumah saya, sebentar saja saya bisa ngobrol dengan beliau.
Terbayang ketika masih remaja, saya bangun pagi untuk sholat shubuh, saya lihat emak sudah berpakaian rapi. Segera setelah sholat, beliau berangkat ke pasar untuk berbelanja sebagai persiapan untuk berjualan makanan di warung. Sebelum waktu sholat maghrib, baru beliau kembali ke rumah. Hal itu dilakukannya selama bertahun-tahun guna membantu keuangan ayahku yang hanya menjadi pegawai rendahan. Hasil dari kerja kerasnya, saya dan adik-adik bisa menyelesaikan kuliah.
Sungguh, perhatian, didikan, kerja keras dan kasih sayang orang tua tidak pernah dapat tergantikan.

No comments: