Saturday, July 5, 2008

Happy Blogging

Ternyata menulis blog yang baik tidak semudah yang saya kira. Ketika menceritakan suatu kejadian, saya harus memberikan data-data pendukung, meskipun itu hanya satu bagian kecil dari satu peristiwa pada satu saat. Diperlukan juga alur cerita dari pembukaan, isi, dan penutup. Apalagi kalau itu akan dikembangkan menjadi tulisan yang komprehensif.
Sementara ini nulis yang ringan-ringan dulu. Ngeblog bukan untuk menambah kepusingan, tetapi untuk menambah keceriaan. Saya yakin, ketika menulis sudah menjadi kebiasaan, maka kegiatan tersebut tidak akan saya anggap sebagai beban.
Saya membayangkan sulitnya menulis feature, cerita pendek, novel di media cetak. Si penulis harus meluangkan waktu untuk melakukan studi kepustakaan dan mencari data di lapangan, dengan melakukan wawancara dan dengan mengamati kejadian sekitarnya.
Sebenarnya, apa yang sedang terjadi? Kenapa saya begitu serius memikirkan tentang suatu tulisan? Saya rasa, saya sedang tidak ingin kelihatan bodoh ketika suatu saat seseorang membaca tulisan dalam blog saya. Saya ingin membuat pembaca terkesan dengan tulisan saya. Seharusnya, saya tidak harus peduli dengan penilaian orang tentang tulisan saya. Setiap kepala memiliki isi otak yang berbeda. Mereka bisa berkomentar apa saja sesuka mereka, saya juga.

No comments: