Tuesday, April 22, 2008

Pulang Kampung



Week-end kemarin saya putuskan untuk pulang kampung mengunjungi ortu dan mertua di Bumiayu. Jadwal kunjungan ini tidak terbiasa. Hari libur yang biasanya diisi dengan jalan2 ke tempat wisata, mal atau sekedar jalan2 di Taman Suropati atau makan siang menu tongseng dan sate kambing di Kaki Lima depan Masjid Sunda Kelapa yang kesemuanya berada di Jakarta dan sekitarnya, tetapi mengingat kegiatan di kantor yang agak berkurang maka silaturahmi ke kampung menjadi pilihan. Perjalanan Jakarta - Bumiayu ditempuh dalam waktu 6 jam dengan jarak tempuh sekitar 320 km. Sebenarnya tidak ada yang istimewa yang terlihat dalam perjalanan ke dan dari Bumiayu. Pemandangan masih sekitar sawah, bangunan rumah, jalanan yang agak rusak, hewan ternak, bawang merah yang dijemur berjejer di hampir sepanjang jalan di Brebes, sungai yang membentang dengan beberapa orang yang sedang mencuci atau mandi, rel kereta dan kereta api yang sesekali terlihat melintas. Pemandangan biasa itu menjadi lebih bermakna ketika anak saya dengan riangnya menunjuk2 ke arah pandangan yang dilihatnya disertai komentarnya yang belum dapat saya mengerti dengan jelas.

Di Bumiayu, sarapan seperti biasa dengan bubur petise Yu Bar, sayang tidak kebagian sogol, ditambah gorengan dage. Sederhana tetapi nikmat. Saya tidak mengira selama bertahun2 melakukan hal yang sama tetapi tidak pernah bosan. Bahkan ketika kembali ke Jakarta membawa gorengan dage, teri, telur asin, jajanan pasar, dan tidak lupa krupuk rambak.

Pertemuan dengan Ibu dan Mertua dapat mengisi lorong2 hampa akibat kesibukan tanpa henti di Jakarta. Terima kasih istriku dan anakku yang berkenan menemaniku pulang kampung.












No comments: