Thursday, April 10, 2008

Kenangan Masa Kecil

Banyak hal menarik di sekitar kita yang mungkin terlewatkan. Saya mengalami hal tersebut dan baru sekarang mencoba mengumpulkan potongan-potongan peristiwa-peristiwa tersebut. Sebagian masa kecil saya habiskan di Bumiayu, suatu wilayah kecamatan di Jawa Tengah. Orang tua pada saat itu merantau di Jakarta, dan saya dititipkan kepada salah satu Uwa/Bu De. Saya masih ingat dengan keadaan "rumah lugu" yang saya tinggali disamping dengan Uwa, juga dengan nenek dan Yu/bu Lik. Pada saat itu masih sangat sedikit orang yang mempunyai televisi. Hanya satu keluarga tetangga yang cukup terpandang yang memilikinya. Apabila pada malam hari saya ingin menonton TV, saya akan melihat lampu di depan rumah orang tersebut menyala atau tidak dari balik jendela. Apabila lampunya dimatikan, berarti mereka sedang menonton TV. Itu terjadi mungkin karena tegangan listrik yang ada di rumah tersebut rendah, meskipun itu juga merupakan kemewahan tersendiri, mengingat masih banyak tetangga yang belum memasang listrik. Ada satu keluarga lagi yang juga mempunyai TV dan tinggal di dekat Kebon Nanas (saya tidak tahu mengapa dinamakan demikian meskipun kebun itu tidak ada pohon nanasnya, tetapi banyak pohon kelapanya). Yang lucu, anak-anak yang ingin menonton TV disana akan diseleksi oleh anak kecil putri pemilik rumah. Hal yang sangat menyenangkan bila suatu saat saya termasuk dalam kelompok yang boleh masuk ke rumah untuk menonton.

No comments: